Senin, 12 Juni 2017

Shalat Berjamaah

Akhir-akhir ini, banyak kalangan umat Islam yang mulai gandrung meninggalkan shalat berjamaah.
Mereka, lebih suka memilih shalat sendirian di rumah.

Padahal, shalat berjamaah itu adalah perintah Allah SWT.
Hal ini sebagaimana firman-Nya: “Dan dirikanlah shalat, tunaikan zakat, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.” (Qs. Al-Baqarah 2 : 43).

“... Berpeganglah kamu semua kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu ( di masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah memersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang bersaudara...” (QS Al Imran 3 : 103).

Banyak lagi ayat-ayat dalam al-Quran yang menganjurkan pentingnya mengerjakan shalat berjamaah ini.

Sementara itu, hadis Nabi Muhammad SAW juga sangat menekankan pentingnya mendirikan shalat jamaah.
Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa mendenggar adzan, kemudian ia tidak datang (untuk berjamaah), maka tidak sah shalatnya, kecuali kalau ada udzur.’ Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apakah udzurnya?” Nabi menjawab, “Takut atau sakit.” (Hr. Abu Dawud).

Abdullah bin Masud berkata, “ Sungguh, kami tahu bahwa tidak ada yang meninggalkan jamaah selain munafik yang jelas kemunafikannya...” (Hr. Tirmizi).

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Salamlah kalian kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani dan jangan salam kepada orang-orang Yahudi umatku.” Beliau ditanya, “Siapa yang diamksud Yahudi umatku itu, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Orang-orang mendengar adzan dan iqamat akan tetapi tidak mau menghadiri shalat jamaah.” (Durratun Nasshihin 2 : 181).

Kemudian hadis lain, “Jibril Alaissalam mendatangiku, lalu berkata, “Ya Muhammad, Allah mengirim salam untukmu dan Dia berfirman : ummatmu yang meninggalkan jamaah tidak akan mencium wangi syurga, meski amalnya lebih banyak dari amal seluruh penduduk bumi, dan yang meninggalkan jamaah itu terkutuk di dunia dan akhirat.”

Nah, dari paparan di atas, tidakkah tergerak hati kita mengerjakan shalat secara berjamaah?[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar